Saturday, May 30, 2009

Lingkungan Hidup Dan Kaitannya Dengan Masalah Sosial

Bila dibandingkan antara masalah lingkungan hidup dengan sosial, pastinya orang akan lebih intens mengkaji, menganalisa dan mencari argumen solutif untuk pemecahan masalah sosial. Sebanarnya masalah lingkungan hidup itu lebih inheren dan lebih dekat dengan pola perilaku manusia. Dapat dikatakan lingkungan hidup merupakan titik masalah yang menjadi awal munculnya permasalahan sosial.

Contoh nyata yang dapat dijadikan ilustrasi opini di atas adalah sampah. Masalah sampah berkaitan erat dengan nilai-nilai di masyarakat yaitu kepedulian dan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sedikit banyak perilaku yang berperan disini, sikap yang tertanam dalam masing-masing individu dalam memaknai sampah akan membawa dampak yang laten dalam hal sosial. Bila yang dimunculkan persepsi negatif individu akan sampah sebagai barang useless maka tak ayal akan memunculkan permasalahan lingkungan dan masalah sosial yang mengemuka setelahnya. Permasalahan banjir, polusi air akan berkaitan erat dengan masalah konservasi sumber daya air, lahan dan resapan. Sedikit banyak permasalahan lingkungan itu akan berimbas pada kehidupan sosial masyarakat yang akan menimbulkan kesenjangan sosial.

Contoh lain adanya keterkaitan tersebut adalah kasus penggundulan hutan (deforestasi) dan illegal logging. Pembukaan hutan karena faktor ekonomi membuat sebagian penduduk yang berada di daerah pedalaman tergusur. Atau bahkan penduduk suatu negara yang menuntut penggundulan hutan oleh ekspansi perusahaan asing kerena eksploitasi besar-besaran itu berbuntut pada kesejahteraan sosial.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, keterkaitan satu sama lain tersebut dikarenakan permasalahan lingkungan yang masih dalam satu lingkaran ekologi. Lingkungan dan manusia sama-sama memiliki hubungan timbal-balik dalam satu ekosistem. Masalah lingkungan merupakan masalah bersama dan tiap-tiap individu mengemban tanggung jawab untuk menjaga keseimbangannya demi kesejahteraan sosial.
 

0 comments:

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008 | Distributed by Blogger Blog Templates

Back to TOP