Friday, May 29, 2009

Budaya Baca, Langkah Awal Menuju Kemajuan Ilmu dan Pembangunan Bangsa

Inovasi-inovasi mutakhir umat manusia dalam berbagai bidang penting kehidupan di sepanjang abad-21 merupakan hasil kajian dan eksplorasi yang intens terhadap ilmu pengetahuan. Kemudian memunculkan pertanyaan bagaimana pengetahuan tersebut didapat sehingga diperoleh hasil riset yang bermanfaat bagi kehidupan.

Tentunya hal tersebut tidak lepas kaitannya dengan aktivitas membaca. Dengan membaca menusia secara perlahan dapat menyingkap tabir misteri rahasia-rahasia alam dan bila dikaji maka ditemukanlah invensi (temuan) yang memiliki manfaat besar dalam perubahan pola kehidupan umat manusia.

Dewasa ini, dapat kita rasakan arus modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan misalnya kepraktisan komunikasi, kecepatan akses transportasi, kemutakhiran persenjataan, serta invensi berbagai bidang lain yang dapat mempermudah kehidupan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa membaca memiliki manfaat dan peran yang berpengaruh pada kemajuan umat manusia.

Seberapa sering aktivitas membaca di kalangan masyarakat dapat ditentukan oleh minat baca masing-masing individu. Bila seluruh kalangan masyarakat memiliki minat baca yang tinggi maka dapat disebut sebagai budaya baca (keberaksaraan). Dalam arti lain budaya baca merupakan tolak ukur seberapa jauh minat baca suatu kelompok.
Budaya baca sendiri dalam arti luas tidak hanya bertumpu pada minat baca saja tetapi juga bagaimana cara untuk mengapresiasi informasi yang terkandung dalam suatu bacaan atau yang biasa disebut kepandaian berliterasi.

0 comments:

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008 | Distributed by Blogger Blog Templates

Back to TOP